Laman

Selasa, 23 Juli 2013

Tips Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Tips Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja . Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja. Masing-masing cara akan menyampaikan informasi atau memberi suatu kesan tentang diri Anda, termasuk jika Anda diam. Cara-cara tertentu bisa jadi lebih efektif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu atau dalam situasi tertentu. Karena itu, saat mendapat pertanyaan, pikirkan cara manakah yang terbaik untuk menjawab pertanyaan itu. Setelah menentukan, kemudian jawablah pertanyaan tersebut. Berikut ini adalah tujuh cara yang biasa dipakai dalam menjawab pertanyaan interview.



Cara #1: 
Memberi Informasi

Jika pertanyaan yang diajukan mudah dan meminta Anda memberi informasi tertentu, maka jawablah pertanyaan itu dengan memberi infomasi yang dibutuhkan secara singkat. Pewawancara yang handal pasti menginginkan Anda yang lebih banyak berbicara, sebab semakin banyak Anda bicara, mereka mendapat banyak informasi tentang diri Anda. Karena itu, sebaiknya Anda berlatih menjawab pertanyaan supaya dalam interview Anda tidak bicara kesana-kemari atau tampak tidak siap.


Sebagai contoh, jika Anda ditanya: “Apa yang bisa Anda berikan kepada kami?”, Anda bisa menjawabnya dengan menguraikan tiga tugas yang mampu Anda lakukan yang dituntut dari pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Cara #2: 
Mengubah Bentuk Pertanyaan atau Ajukan Pertanyaan Lain

Beberapa pertanyaan tidak meminta Anda untuk memberi jawaban cepat. Mungkin Anda memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk memikirkan jawaban yang paling baik dan tepat. Selain itu, kadangkala pewawancara sengaja mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang bersayap. Tujuannya untuk melihat cara Anda merespon pertanyaan tersebut. Jika ini yang terjadi, terlebih dulu mintalah informasi yang lebih mendetail atau spesifik agar Anda bisa memberikan jawaban yang baik. Karena itu, untuk kasus seperti ini sebaiknya Anda ajukan pertanyaan, “Bisakah Anda lebih spesifik?”, atau “Bagian mana yang Anda ingin ketahui secara spesifik, prestasi profesional atau personal?”

Misalnya saja Anda mendapat pertanyaan: “Apakah Anda orang yang loyal?”, Anda bisa menjawabnya dengan pertanyaan lain, “Bisakah Anda lebih spesifik?”. Dengan mengubah bentuk pertanyaan atau mengajukan pertanyaan lain, Anda bisa mengetahui informasi apa yang sebenarnya diinginkan pewawancara dari jawaban Anda.

Cara #3: 
Jawablah dengan Hati-hati atau Hindari Menjawab Pertanyaan

Ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak Anda jawab, karena itu sebisa mungkin Anda hindari memberi jawaban. Jika Anda harus memberi jawaban, hati-hatilah dengan kata-kata Anda.

Beberapa pertanyaan sulit bisa jadi berisiko jika dijawab terlalu cepat. Apabila menghadapi pertanyaan jenis ini, usahakan menghindari menjawab dengan cara menggunakan humor, atau bahkan diam saja, kemudian memberi usul untuk membahas topik yang sulit tersebut setelah selesai membicarakan topik-topik lain.

Contohnya, jika Anda ditanya: “Berapa gaji yang Anda inginkan?”. Anda bisa memberi jawaban, “Jalur karir adalah penting bagi saya, dan keputusan untuk memilih sebuah jalur karir tidak semata-mata ditentukan oleh pertimbangan keuangan. Karena itu, jika diijinkan saya akan menjawab pertanyaan ini setelah kita membicarakan soal kualifikasi saya.”

Berikut sedikit materi tentang tip dan cara menjawab pertanyaan wawancara kerja, semoga bisa memberikan gambaran dalam mengikuti tes wawancara kerja ini. Tetap Semangat dan berkarya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar